RANDOM post

Loading...

Saturday, February 27, 2010

Buah KAWIS >>??

Pembaca Baru ? Suka Artikel Ini? Langganan Blog Feed atau daftar gratis Free Email Updates. Terimakasih!

Ya, kali ini saya juga ingin membahas dan memberi tahu tentang apa itu buah yang dinamakan "KAWIS". Mungkin ada beberapa tahu namun banyak juga yang belum tahu tentang buah ini. Kawis (Limonia acidissima) ini diakui menjadi buah khas dari Kabupaten Rembang. Rembang?? kota Rembang merupakan kota perbatasan antara Jawa Tengah dengan Jawa Timur.


Buah yang khas dengan aroma yang menusuk hidung dan warna daging buah yang coklat kehitaman. Pada gambar bisa kita lihat. Buah yang besarnya hanya sebesar buah apel yang
memiliki lapisan kulit yang keras, seperti punyaknya batok kelapa. Jadi jangan digigit seperti apel lho.

"Kawis termasuk pohon yang tahan banting. Kawis mampu hidup di daerah dengan curah hujan rendah alias lahan kering, selain itu mampu bertahan pada tanah dengan salinitas yang tinggi. kawis juga dapat dimanfaatkan sebagai batang bawah dalam okulasi tanaman jeruk. Okulasi ini menghasilkan Kajer aliaskawis jeruk." ( wikipedia.org)"

Setiap 100 g bagian daging buah yang dapat dimakan mengandung: 74 g air, 8 g protein, 1,5 g lemak, 7,5 g karbohidrat, dan 5 g abu. Dalam 100 g bagian biji yang dapat dimakan terkandung: 4 g air, 26 g protein, 27 g lemak, 3 5 g karbohidrat, dan 5 g abu. Daging buah yang kering mengandung 15% asam sitrat dan sejumlah kecil asam-asam kalium, kalsium, dan besi. Kayu kawista berwarna putih kekuningan, keras, agak berat, dan berserat kasar, tetapi urat kayunya rapat dan dapat dipolis sampai berkilap.(slametwidodo.com)

Namun tidak usah susah - susah untuk memecah kulitnya yang keras itu dengan pisau atau ganden, hehe. Ini ada kemasan yang lebih praktis, yaitu lewat sirup KAWISTA. Sirup ini merupakan oleh - oleh khas dari Rembang yang bisa Anda beli.Cocok untuk buah tangan dan nikmat untuk disajikan hidangan dengan sirup berasa khas ini. Ada dua versi untuk sirup kawis ini. Anda bisa memilih yang berkemasan ergonomis (rp 22rb) atau seperti foto di atas ini (rp 41rbu), tergantung selera.

Nah di foto juga Anda bisa juga melihat ada kacang shanghai (rp 10rb)yang gurih dan enak untuk dimakan bersama nasi dan kripik pisang (rp 11rb) yang manis dan gurih. Dijamin akan ketagihan.
Namun jika Anda ingin memesan dan tertarik dengan buah ini bisa melalui saya, tinggal email syabedramon@gmail.com atau YM di syabedramon, langsung diirim kerumah Anda yang berminat.

2 comments:

  1. mampir berkunjung skalian baca artikel Buah Kawis sob... :D

    ReplyDelete
  2. mampi blehkan sob?skalian meningalkan jejak.
    www.rumahpantura.blogspot.com
    ok bro.

    ReplyDelete