RANDOM post

Loading...

Friday, February 26, 2010

Mungkinkah ANda Pernah Berpikir Kenapa Manusia Kentut??


Pembaca Baru ? Suka Artikel Ini? Langganan Blog Feed atau daftar gratis Free email updates. Terimakasih!


Kentut, ya setiap manusia pasti pernah kentut. Mana ada manusia yang tidak pernah kentut dalam hidupnya. Kalau itu ada pasti ada yang salah dengan organ tubuhnya dan bisa saja racun di dalam tubuh tidak bisa keluar karena tidak bisa kentut. Bila gas-gas kentut tidak dikeluarkan, sistem pencernaan akan terganggu. Seseorang yang menahan kentut akan mengalami susah buang air besar.


Sebenarnya kentut dapat didefinisikan sebagai proses perpindahan gas dari dalam tubuh menuju ke luar tubuh melalui anus. Ini terjadi pada sistem pencernaan kita, di mana karbohidrat dalam tubuh dicerna sedemikian hingga menjadi molekul kecil glukosa supaya dapat dialirkan ke seluruh tubuh melalui darah. Begitu pula dengan protein menjadi asam amino, lemak menjadi asam lemak.

Nah pada saat proses pemecahan molekul ini, muncullah gas - gas dalam tubuh karena di dalam usus kecil makanan sulit tercerna dengan sempurna. Bila ada makanan yang belum tercerna secara sempurna, maka di dalam usus besar akan disambut oleh miliyar bahkan triliunan bakteri. Hidrogen sulfida adalah asal dari bau kentut itu sendiri.

Dari uraian di atas kentut terjadi karena makanan sulit tecerna dengan sempurna. Setiap makanan mempunyai kandungan karbohidrat yang berbeda. Oleh karena itu berbeda pula kentut setiap orang.. fin.

No comments:

Post a Comment