RANDOM post

Loading...

Monday, February 15, 2010

Mungkinkah Anda tidak pernah mengganti oli motor ?


Layaknya oksigen dalam darah. Air di persawahan. Dan oli yang ada di mesin motor Anda. Hal ini sangat berkaitan erat dengan pergantian atau perbaikan. Pembahasan yang unik dengan mengaitkan oksigen,air dan oli di atas menunjukkan bahwa semua itu penting dan vital.

Minyak pelumas mesin atau yang lebih dikenal oli mesin memang banyak ragam dan macamnya. Bergantung jenis penggunaan mesin itu sendiri yang membutuhkan oli yang tepat untuk menambah atau mengawetkan usia pakai (life time) mesin. ( wikipedia.org ) Gesekan logam akan terjadi di dalam mesin motor Anda dan akan membuat mesin menjadi panas. Nah, untuk itulah dipergunakanlah oli sebagai pelumas agar gesekan tersebut menjadi terpatri dan mengurangi macet atau seret serta dapat menghindarkan akan karat yang terjadi karena gesekan logam dengan logam.


Mungkin apabila oli diisi penuh. Tapi ada beberapa hal yang meski kita perhatikan tentang oli mesin yang terisi penuh tanpa pergantian berkala.
- Oli yang terisi penuh ini menyebabkan silinder dan ing piston cepat aus diakibatkan dari kerak oli yang kebakar. Selain itu juga akan membuat kinerja mesin berat.
- Berkaitan dengan kapasitas tangki motor, kapasitas Oli yang berlebihan memungkinkan untuk masuk juga ruang pembakaran dan ikut terbakar.

Apabila ini terjadi pada motor Anda, pada saat motor bekerja terus tanpa kita perhatikan, hal ini sangat membahayakan jika mesin motor terbakar. Mungkinkah ini terjadi ? Hal ini tidak akan terjadi bila kita melakukan tindakan preventive pada Oli motor kita untuk mengecek dan menggantinya secara bekala. Gantilah minimal setiap bulan sekali atau setelah mencapai batas yang direkomendasikan yaitu pada motor bebk 1000 - 2000 km sekali servis secara rutin.

Dari uraian di atas, tidaklah mungkin untuk memakso motor Anda dengan Oli yang ada untuk bertahan, atau dibayar dengan kerusakan yang fatal nantinya. Dengan pergantian Oli secara rutin akan membuat mesin motor menjadi enteng tarikan dan akan melumas motor Anda dengan baik.

No comments:

Post a Comment